Keberlangsungan suatu perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tidak akan terlepas dari peran dan keberadaan mahasiswa yang mereka miliki. Mahasiswa merupakan pihak eksternal yang menentukan keberhasilan suatu perguruan tinggi. Perguruan tinggi harus dapat memenuhi kepuasan kepada semua mahasiswa agar merasa senang dan menunjukkan prestasi yang bagus. Kepuasan mahasiswa merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia jasa khususnya dunia pendidikan karena akan berdampak pada eksistensi dan
pencitraan dari perguruan tinggi tersebut.

Mahasiswa yang memiliki kepuasan yang tinggi merupakan aset bagi perguruan tinggi karena dengan pelayanan yang berkualitas diharapkan para mahasiswa dapat merasakan kenyamanan, sehingga mahasiswa merasa dihargai karena mendapat pelayanan yang berkualitas. Indikator kualitas pelayanan mahasiswa yang terkenal dengan sebutan Servqual (Service of Quality) dimana kepuasan mahasiswa diukur berdasarkan aspek kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan
bukti fisik (tangibles).

Monitoring atau survei bertujuan untuk mendapatkan umpan balik bagi kebutuhan program yang sedang berjalan, untuk mengetahui kesenjangan antara perencanaan dan target. Survei Kepuasan Mahasiswa dilaksanakan secara berkala setiap tahun sekali dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kinerja layanan pendidikan, layanan perpustakaan, layanan administrasi akademik, layanan kemahasiswaan, layanan sarana prasarana, dan layanan keuangan kepada mahasiswa STIE Kasih Bangsa sebagai bahan evaluasi untuk
menetapkan kebijakan dalam rangka perbaikan dan peningkatam kualitas pelayanan kepada mahasiswa

Lebih lanjut silahkan download :